Kamis, 06 September 2012 - 10:37:05 WIB
Menyingkap Potensi Wilayah Utara Lombok Timur
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum - Dibaca: 14 kali

Wilayah Kecamatan Sambelia yang terletak di ujung utara Kabupaten Lombok Timur dan berbatasan dengan lereng Gunung Rinjani memiliki potensi kawasan areal yang cukup luas untuk investasi di bidang tanaman perkebunan, baik tanaman keras maupun tanaman musiman. Selain itu kawasan sambelia selama ini dikenal sebagai kawasan budidaya kerang mutiara dan udang.

Jenis tanaman keras yang potensial untuk dibudidayakan antara lain Jati, Kakao, panili dan jambu mete. Sedangkan tanaman musiman yang cukup prospek seperti pisang, tembakau, dan palawija lainnya. Potensi ini didukung dengan curah hujan rata-rata 65 cc dan letak wilayah 02726 diatas permukaan laut (dpl). 

            Kecamatan tersebut memiliki luas 245,22 kilometer persegi, dengan jumlah penduduk 36.000 jiwa lebih bermata pencaharian umumnya petani, peternak dan nelayan. Namun demikian, mata pencaharian penduduk setempat dengan cepat dapat beradaptasi sesuai dengan peluang kerja baru yang biasanya tercipta dari kehadiran investor.

            Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PU Kabupaten Lombok Timur, Ir. Cucu Mansyur, Selasa (4/9) menjelaskan, di wilayah Kecamatan Sambelia khususnya Belanting dan sekitarnya, berdasarkan Perda Nomor 2 Tahun 2012 tentang RTRW Kabupaten Lombok Timur, ditetapkan sebagai salah satu kawasan sebagai Kawasan Strategis Kabupaten (KSK) untuk kepentingan lingkungan. Untuk itu, apapun bentuk budidaya tanaman yang dikembangkan, termasuk oleh investor dipersilahkan. Apalagi kalau tanaman yang dibudidayakan mendukung program reboisasi.

            Ditambahkannya, di wilayah tersebut akan dibangun pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) dengan kapasitas 2 X 25 Mega Watt, untuk mendukung berbagai kebutuhan layanan listrik di wilayah itu. Untuk pelaksanaan proyek tersebut saat ini tengah dilakukan proses pembebasan lahan.

            Menyinggung Investasi yang sudah masuk di wilayah itu, antara lain disebutnya di Desa Gunung Malang dikembangkan budi daya ternak ayam, dengan kapasitas kandang memadai dan cukup besar. Selain itu, sehubungan dengan penetapan Gili Lawang, Gili Pentagan dan Gili Sulat sebagai kawasan konservasi, bisa juga menjadi peluang investasi bidang terkait.

            Camat Sambelia,  Parihin, S.Sos., kepada penulis berita ini menunjukkan semangatnya memasarkan potensi wilayah, dan menyatakan kesiapan untuk membantu kelancaran berbagai urusan investasi di wilayahnya. Ia menggambarkan potensi budidaya tanaman pisang, wilayah Kecamatan sambelia merupakan penghasil terbesar dilombok Timur, mencapai 18.728 kwintal pada tahun 2009. Namun produksi tanaman tersebut mengalami flukutuasi karena pola budi daya yang diterapkan masih tradisional.

            Selama ini sebagian besar hasil kebun pisang dari wilayah itu dipasarkan untuk memenuhi permintaan pasar lokal. Namun kebutuhan itu terus meningkat seiring dengan berkembangnya usaha olahan pisang seperti kerepek pisang, dan aneka jenis jajan dengan bahan baku komoditi tersebut. Harga pisangpun relatif stabil sehubungan dengan tingginya permintaan.

            Tanaman budidaya lainnya yang sangat cocok sesuai dengan karakteristik wilayah, yakni budidaya jambu mete (kacang mete). Tanaman ini merupakan komoditi ekpor. Selain itu, tanaman ini memiliki nilai ekonomis cukup tinggi, terutama buah dan bijinya. Biji mete (kacang mete) digoreng dan diolah menjadi makanan yang bernilai gizi tinggi, sedangkan buahnya sebagai bahan membuat minuman sari buah mete. Kecamatan Sambelia merupakan penghasil jambu mete terbesar di Lombok Timur, mencapai 631,80 ton.

            Ketika penulis turun ke wilayah itu untuk mendeteksi dari dekat potensi pengembangan budidaya perkebunan, Camat setempat, mengajak mengunjungi beberapa lokasi potensial investasi. Salah satunya areal perladangan yang luasnya sekitar 200 hektar yang terletak sekitar 35 Kilometer dari Ibukota Kecamatan Sambelia. Lokasi itu terletak di jalan berhotmix yang mengubungkan wilayah Kecamatan Sambelia dengan Kecamatan Sembalun dan wilayah Bayan Kabupaten Lombok Utara. Sesuai dengan karakteristik wilayah, lokasi tersebut tuturnya, sangat cocok untuk budidaya tebu untuk industri gula.

            Kecamatan Sembalun merupakan sentra pengembangan agro wisata Kabupaten Lombok Timur, karena memiliki aneka ragam sayur mayur dan panorama alam yang dimiliki. Selain itu, ditempat ini juga telah disetujui oleh Menteri Kehutanan, sebagai salah satu kawasan pengembangan Geotermal terbesar di Indonesia.

            Sumber resmi Pemerintah Kabupaten menyebutkan, di wilayah tersebut pernah dikembangkan tebu untuk industri gula merah, tetapi terkendala pemasaran sehingga tidak berlanjut. Selain itu,  ada rencana untuk menjadikan kawasan Sambelia sebagai lokasi pengembangan jati unggul nasional pada lahan seluas 90 hektar di luar kawasan hutan, dengan diversifikasi jagung.  Dalam lima tahun komoditi ini sudah bisa menghasilkan. Mengenai hal itu, ujar sumber tadi, pihak Kementrian Daerah Tertinggal menyatakan siap membantu. (Zar Humas)

           

 




142 Komentar :

Obat Ginjal Bocor
03 Januari 2014 - 07:38:15 WIB

http://goo.gl/sYvD4s
Selamat pagi Indonesia Q.. waw web nya keren,,

Obat Penyakit Lupus
03 Januari 2014 - 21:00:13 WIB

httpa://goo.gl/Y1mXiK
Terimakasih telah bergai informasi baru..

Obat Polip Hidung
03 Januari 2014 - 22:18:13 WIB

http://goo.gl/FHNcTJ
waw ngantuk sangat parah,,

Obat Maag Kronis
04 Januari 2014 - 08:39:18 WIB

http://goo.gl/Bn1gr3
waw kereeenn..
Obat Gagal Ginjal
06 Januari 2014 - 11:16:01 WIB

http://goo.gl/fk8zlF
webnya penuh dengan inspiraSI terimakasih,,

Obat Herbal Lambung Bocor
07 Januari 2014 - 08:11:45 WIB

http://goo.gl/5KHjpS
Terimakasih telah berbagi pengetahuan baru bagi saya,,
Obat Herbal Darah Tinggi
07 Januari 2014 - 11:04:31 WIB

http://goo.gl/68SRTC
Selamat Siang terimakasih telah berbagi info baru bagi saya,,,,
Cara Mengobati Lupus
07 Januari 2014 - 22:34:22 WIB

httP://goo.gl/7vyVXc
selamat malam,,
Obat Maag
08 Januari 2014 - 13:37:22 WIB

http://goo.gl/IVjTll
Terimakasih,, semoga info yang anda berikan menjadi amal ibadaha..
Obat Herbal Maag Kronis
09 Januari 2014 - 14:43:40 WIB

http://goo.gl/4JzYDC
Terimakasih infonya sanghat menarik dan asik untuk di simak,,
<< First | < Prev | 1 | 2 | 3 | ... | 15 | Next > | Last >>
Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)