Rabu, 12 September 2012 - 13:08:31 WIB
Sekda Lotim : Bahas Kemiskinan Perempuan Jangan Berakhir di Launching
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum - Dibaca: 20 kali

Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur, H. Usman Muhsan, SH., Rabu (12/9) melaunching pelaksanaan audit gender berbasis komunitas (AGBK) di Rupatama I Kantor Bupati setempat. Acara yang mengusung tema AGBK sebagai perwujudan hak azazi perempuan dalam upaya penanggulangan kemiskinan itu di Kabupaten Lombok Timur itu, dihadiri semua Kepala SKPD, LSM Penggiat Pemberdayaan Perempuan, unsur PNPM Mandiri Pedesaan, anggota DPRD Hartini Haritani dan tokoh-tokoh organisasi wanita Kabupaten.

  Mewakili Bupati Lotim, Sekda Lotim meminta agar semua pihak yang ingin membahas kemiskinan tidak membicarakan ditempat-tempat bagus (elit-red), tetapi dibicarakan di lokasi masyarakat miskin, agar mengetahui persoalan secara kongkrit untuk diupayakan pengentasannya. Ia juga berpesan agar pembicaraan mengenai pemberdayaan perempuan tidak berakhir di ruang rapat tempat launching itu berlangsung. Tetapi hendaknya dilakukan kerjasama yang berkelanjutan hingga tujuan program tercapai.

Sekda menilai, kegiatan itu merupakan kegiatan strategis untuk pemberdayaan perempuan, karena sesungguhnya perempuan sangat dimuliakan. Buktinya dalam Al-Qur’an terdapat Surat Perempuan, tidak ada Surat laki-laki. Selain itu, ada ungkapan Surga terdapat di bawah telapak kaki ibu, perempuan yang beriman adalah perhiasan dunia, dan Rasulullah sangat memuliakan perempuan, paparnya. Secara Nasional kita juga memperingati hari ibu, tidak ada hari bapak, papar Sekda membuktikan pemuliaan terhadap Kaum Perempuan.

Dalam penyelenggaraan pemerintahan, ujarnya, Pemerintah Kabupaten Lombok Timur memberikan ruang yang besar bagi kaum perempuan untuk berkompetisi. Saat ini, di Lombok Timur terdapat 157 orang PNS perempuan menduduki jabatan structural, mulai dari eselon II, III hingga eselon IV. “ Silahkan tingkatkan kualitas diri dengan menguasai tugas, menguasai Iptek dan membaca buku agar bisa berkompetisi dengan PNS pria”, pintanya menggambarkan kesungguhan Pemda.

Namun demikian, Pemkab Lotim tidak menapikan masih perlunya pemberdayaan kaum perempuan dari kemiskinan mereka yang bisa dilihat dari berbagai indikasi. Diingatkannya para pria, yang dimaksud KDRT bukan hanya siksaan yang berbentuk fisik, tetapi pengkhianatan suami terhadap isteri juga bisa dikategorikan KDRT non fisik.

Sambil berseloroh, Sekda, mengatakan para isteri di Lombok Timur umumnya patuh dan taat pada suami, tetapi kadang-kadang suami memanfaatkan kepatuhan itu. Dihimbaunya para suami (PNS-red) untuk tidak menyembunyikan gaji dibawah kaos kaki, tetapi berikanlah kepada isteri untuk kebutuhan keluarga.

Sebaliknya para isteri diingatkannya untuk tetap menjaga penampilan dan berusaha menyenangkan hati suami, serta meningkatkan keterampilan agar bisa memberdayakan dirinya sendiri.

Panitia pelaksana Launching, Direktur LPSDM NTB, Drs. M. Amin Hanafiah, melaporkan, dipilihnya Lombok Timur sebagai lokasi launching audit, karena masih melihat angka kemiskinan di angka 20 an persen, meskipun berbagai program telah dilaksanakan dengan mengucurkan anggaran puluhan miliar rupiah.

Karenanya melalui sudit tersebut, Ia bermaksud untuk melihat dari dekat dinamika dan kondisi riel masyarakat. Sebelum launching dilakukan, Ia menyebutkan berbagai kegiatan pendahuluan sebagai langkah persiapan pada desa-desa sasaran PNPM Mandiri Pedesaan.

Sementara Direktur Institut KAPAL Perempuan Pusat, Missiah, M.Si., menuturkan, launching AGBBK dilaksanakan di empat wilayah, yakni Kabupaten Mamuju Propinsi Sulawesi Barat, Kupang Propinsi NTT, Kabupaten Maros Propinsi Sulawesi Selatan dan Kabupaten Lombok Timur Propinsi NTT. Ia mengaku programnya sudah mendapat respon dari PNP2K yang ada di masing-masing daerah itu.

Ia berharap agar suara pembelaan dan aspirasi yang muncul dari hasil audit tersebut dapat mendorong Pemerintah Kabupaten untuk mengambil kebijakan-kebijakan yang berpihak pada pemberdayaan perempuan dan kemiskinan. Pemkab Lombok Timur diharapkannya untuk mendukung pelaksanaan program tersebut serta menindaklanjuti kerjasama yang telah terbangun selama ini.(Zar-Humas)  

 




23 Komentar :

calon presiden RI
29 Januari 2014 - 10:37:30 WIB

Terimakasih untuk informasinya

Rhoma Capres
07 Februari 2014 - 09:28:45 WIB

Indonesia bersatu dan selalu untuk maju

Piala Dunia
05 April 2014 - 09:16:47 WIB

Indonesia kaya akan berbagai macam budaya, jadikanlah ini sebagi daya tarik tersendir..

obat penyakit kista
02 Juni 2014 - 15:30:33 WIB

Terima Kasih atas artikel yang sangat bermanfaat ini
http://goo.gl/0JkEqH | http://goo.gl/mmWPWA | http://bit.ly/18LLSS8
pengobatan keputihan
02 Juni 2014 - 15:33:54 WIB

situs yang banyak bermanfaat bagi para komunitasnya
http://goo.gl/QrqtEv | http://goo.gl/PnwuhQ | http://bit.ly/16rRo6F
obat infeksi rahim
02 Juni 2014 - 15:36:58 WIB

Banyak informasi yang saya dapatkan setelah membaca artikel ini
http://goo.gl/rB0eix | http://goo.gl/p28Kxf | http://bit.ly/13fy6mt
obat asam lambung
02 Juni 2014 - 15:48:10 WIB

Infonya sangat bermanfaat , semoga menjadi berkah dan bermanfaat bagi kita semua
http://bit.ly/11rpcBd | http://mysp.ac/IeQw | https://mysp.ac/IeQx
obat ginjal bengkak
02 Juni 2014 - 15:51:21 WIB

informasi yang aktual , semua informasi yang diberikan bermanfaat sekali untuk kita semua
http://goo.gl/dOUCeS | http://goo.gl/GYhRnz | http://bit.ly/19Of3xW
obat sakit perut
02 Juni 2014 - 15:53:57 WIB

Hari ini saya telah banyak membaca artikel yang anda terbitkan
http://bit.ly/1fnhk7W | http://mysp.ac/Ii10 | https://mysp.ac/Ii11
Iko Uwais
09 Juni 2014 - 14:13:15 WIB

Terimakasih, kami senang bisa berkunjung ke situs anda.

<< First | < Prev | 1 | 2 | 3 | Next > | Last >>
Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)