Jumat, 08 Februari 2013 - 15:31:31 WIB
LPSE Lotim Beroperasi, Hemat Anggaran Empat Miliar
Diposting oleh : Administrator
Kategori: pembangunan - Dibaca: 20 kali

Selong (8/1). Reformasi dibidang pengadaan barang dan jasa melalui sistim layanan pengadaan barang dan jasa pemerintah secara elektronik (LPSE) di Kabupaten Lombok Timur, berdampak positif terhadap penghematan anggaran serta efektivitas layanan. Ini antara lain terindikasi dari keberhasilan Pemkab Lombok Timur menghemat anggaran lebih dari empat miliar rupiah pada tahun anggaran 2012.

Dari pagu anggaran APBD dan APBD-Perubahan tahun anggaran 2012 sebesar 66 miliar rupiah lebih, berhasil dihemat sebesar 4 miliar rupiah lebih. Penghematan itu antara lain, nampak dari selisih pagu anggaran dengan nilai pekerjaan yang dilaksanakan. Kalau proses lelang dilaksanakan secara manual, anggaran yang dibutuhkan bisa sama dengan pagu anggaran yang tersedia, sedangkan dengan sisitim elektronik selisih penawaran mencapai empat miliar rupiah.

Sistim itu, memberikan akses yang lebih luas bagi perusahaan atau penyedia jasa, baik perusahaan besar maupun kecil dan dari daerah manapun berasal, untuk melakukan penawaran dan  ikut bersaing secara sehat antar sesama penyedia jasa.  Empat milliar rupiah dana yang dihemat itu, dapat dialokasikan untuk penambahan kegiatan ataupun pekerjaan lain yang dipandang mendesak, sehingga program-program yang belum dapat dibiayai dapat dilaksanakan.

Kabag Admintrasi Pembangunan Setda Kabupaten Lombok Timur melalui Kasubbag Pengendalian pada Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Lombok Timur, As’ad, SE., M.AP., membenarkan hal itu. Bahkan ditambahkannya, penghematan anggaran juga terjadi, karena  biaya pengumuman kegiatan lelang yang biasanya disampaikan melalui media cetak yang menyedot biaya, juga bisa dihemat dengan mengup-load dokumen yang diperlukan melalui LPSE.

Sebenarnya, LPSE juga dapat dimanfaatkan instansi lain untuk menyampaikan bahan informasi publik dan pengumuman kegiatan untuk menghemat anggaran, namun sampai saat ini belum ada yang memanfaatkannya di luar kegiatan pengadaan, ujarnya.

Ia memaparkan, sesuai data resmi aplikasi Smart Report 2 LKPP Tahun 2013 per tanggal 5 Februari 2013, Progres Implementari LPSE System Provider Kab. Lombok Timur TA. 2012, pada tahun pertama beroperasi, mampu melampaui target lelang e-procuremen minimal sebesar  40%, yakni mencapai 45%. Berdasarkan smart report itu, LPSE Lombok Timur masuk dalam kategori baik.

Dipaparkan, jumlah paket yang dilelang pada tahun anggaran 2012 sebanyak 36 paket dan selesai 100%.Nilai total pagu anggaran 36 Paket Pekerjaan tersebut  sebesar 66,327 miliar rupiah dan nilai paket lelang yang ditawar bernilai total sebesar 62,184 miliar rupiah, sehingga terdapat sisa pagu anggaran sebesar 4,143 miliar rupiah atau tingkat efisiensinya 6,25% dari pagu anggaran yang ada. Diharapkan agar pada tahun anggaran 2013, LPSE Kabupaten Lombok Timur dapat berkiprah lebih baik dari tahun sebelumnya, dan mampu meningkatkan efisiensi anggaran.(zar-humas)  




10 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)