Jumat, 15 Februari 2013 - 15:22:13 WIB
Lagi Pelabuhan Labuhan Haji Jadi Lokasi Even Nasional
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum - Dibaca: 16 kali

Untuk kedua kali, Pelabuhan Labuhan Haji dijadikan lokasi penyelenggaraan even Nasional, yakni Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) II dan Perkemahan Temu Satuan Karya Pramuka Saka Bahari Tingkat Nasional Tahun 2012. Informasi yang berhasil dihimpun penulis berita ini menyebutkan, sekitar 1300 anggota Pramuka dari berbagai daerah dan Satuan Karya lainnya terlibat dalam kegiatan itu. Saat ini Pemkab Lombok Timur tengah mempersiapkan lokasi, dan dukungan pelaksanaannya.

Kegiatan Pramuka Saka Bahari itu mengambil Tema Dengan Pelayaran Lingkar Nusantara II Kita Wujudkan Semangat Kebersamaan Untuk Mempertahankan NKRI. Bagi Pemerintah Kabupaten Lombok Timur, kegiatan itu penting untuk memperkenalkan Pulau Lombok khususnya Kabupaten Lombok Timur sebagai bagian dari NKRI kepada Pramuka dari daerah lain.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Lombok Timur, Drs. Iswan Rakhmadi, MM., menjelaskan, sesuai tentatif kegiatan yang diterimanya, even itu sebenarnya telah berlangsung sejak 9 Pebruari lalu, diisi dengan berbagai kegiatan persiapan selama dua hari di Jakarta. Pada 11 Pebruari berangkat dari Jakarta dan melaksanakan kegiatan di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Jawa Timur, Tegal Jawa Tengah, kemudian singgah di Benoa Bali dan Minggu (17/2) dijadwalkan tiba di Pelabuhan Labuhan Haji untuk melaksanakan persiapan perkemahan dan berbagai kegiatan.    

            Selama berada di Kabupaten Lombok Timur, dilaksanakan berbagai kegiatan. Sebelum mulai kegiatan, Gubernur Nusa Tenggara Barat,  Dr. TGH. Zainul Majedi,MA, dijadwalkan membuka secara resmi kegiatan perkemahan itu, pada Senin (18/2). Beberapa kegiatan yang telah dijadwalkan meliputi acara khusus perkemahan Pramuka juga dilakukan  kegiatan pengabdian masyarakat serta menggelar hiburan untuk masyarakat selama melaksanakan perkemahan.  

            Pada hari pembukaan kegiatan yang dilaksanakan antara lain Ceramah Ka Kwarnas dan Temu Tokoh dengan Gubernur NTB. Kemudian pada Selasa (19/2) peserta mengikuti kegiatan Ceramah Perdamaian dari Ibu Sri Gusni Febriastari, dan peserta yang terbagi dalam tiga kelompok melaksanakan kegiatan yang berbeda.

Kelompok I melaksanakan Bhakti Sosial peresmian renovasi Musholla, TPA, MCK umum,dan pembangunan Pos Pengamat serta pembagian sembako di Desa Tanjung Luar. Kemudian Kelompok II mengikuti peresmian monumen Saka Bahari dan Kelompok III melaksanakan penyerahan buku bantuan SIKIB kepada SDN 1 Tanjung Luar, SMP 4 Keruak dan SMK I Keruak.

Pada Rabu (20/2) peserta melaksanakan kunjungan wisata dengan siklus route yang berbeda untuk masing-masing kelompok. Kelompok I ke Hutan Lindung Gunung Rinjani, Air Terjun Jeruk Manis, Pantai Senggigi, dan Kerajinan Mutiara. Kelompok II dengan route Pantai Senggigi, Kerajinan Mutiara, Hutan Lindung Gunung Rinjani, Air Terjun Jeruk Manis. Sementara Kelompok III  dengan route Kerjajinan Mutiara, Pantai Senggigi, Hutan Lindung Gunung Rinjani dan Air Terjun Jeruk Manis.

Pada Kamis (21/2) peserta mengikuti ceramah Pertahanan Negara dari Staf Kementerian Pertahanan, melaksanakan pertandingan-pertandingan dan api unggun malam terakhir. Jum'at (22/2) peserta meninggalkan Labuhan Haji menuju Pelabuhan Benoa Bali melalui penyeberangan fery.

Menurut mantan Camat Sikur dan Camat Sembalun ini, 1300 orang peserta kegiatan terdiri dari tiga unsur Pengurus Pramuka Daerah-daerah sebanyak 792 orang, Kwarcab Lombok Timur 240 orang, partisipasi Saka lainnya 70 orang, dan Insan Bahari Indonesia 198 orang.  

Untuk menunjang pelaksanaan kegiatan tersebut, telah dilakukan persiapan lokasi seperti pemotongan rumput, pembuatan pagar batas, penyiapan area parkir, penyediaan lokasi stan kuliner dan stan cinderamata, pembuatan panggung utama, penyiapan tenda undangan, tenda untuk DKD dan DKN, Gapura Utama, tiang bendera, Baliho, sarana air bersih, sarana MCK, tenda pameran dan meja kantor untuk sekretariat.(Zar-Humas) 




13 Komentar :

Obat Herbal Pengapuran Tulang
23 Mei 2014 - 15:38:02 WIB

Terimakasih atas informasinya gan .Semoga bermanfaat bagi orang lain

Jangan lupa kunjungi web kami yaa..
http://goo.gl/7QMmP8
http://goo.gl/66Fqzl
h ttp://goo.gl/kTMl4O
http://goo.gl/fh65Y3
http://goo .gl/mcZzDE
http://goo.gl/gzf6Fq
http://goo.gl/vVyAe S
Obat Maag
26 Mei 2014 - 16:12:48 WIB

Informasi seperti ini yang sangat bermanfaat dan menarik untuk disimak, terima kasih ya sudah share informasi terbaik seperti ini :)

http://goo.gl/tAuoOO
http://goo.gl/ig63RR
http://goo.gl/nidxBa
obat herbal kanker kolon paling mujarab
30 Agustus 2014 - 14:50:58 WIB

terima kasih atas informasi yang sangat menarik, semoga sukses.. . http://googl/mT4Jgo
<< First | < Prev | 1 | 2 | Next > | Last >>
Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)