Senin, 01 April 2013 - 13:02:21 WIB
Bupati Lotim, Resmikan Gedung Baru SMAN 1 Selong
Diposting oleh : Administrator
Kategori: pembangunan - Dibaca: 10 kali

Selong... Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Selong, telah merampungkan satu lagi gedung berlantai dua (A-2), yang menelan biaya sebesar 2 miliar rupiah. Sebelumnya telah berhasil dibangun gedung serupa (A-1) dengan biaya 1,8 miliar rupiah. Dua unit gedung tersebut dibangun dengan dana sharing Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Pusat dan Komite Sekolah. Berdirinya dua gedung megah ini, menambah layak lembaga itu menjad gudang prestasi akademis dan barometer SMA di Lombok Timur.

            Bupati Lombok Timur, M. Sukiman Azmy, didaulat manajemen sekolah untuk meresmikan penggunaan gedung itu, pada Sabtu (30/3). Acara peresmian itu dihadiri oleh sejumlah pejabat terkait, komite sekolah, penyelenggara dan pengelola pendidikan serta siswa sekolah itu.

            Bupati dalam sambutannya antara lain memaparkan, keberhasilan sebuah lembaga pendidikan minimal didukung tiga faktor, yakni sarana yang memadai, manajemen dan input siswa yang berkualitas. Melihat sederetan prestasi akademis tingkat Nasional, baik siswa maupun guru disebutnya kualitas SMAN 1 Selong dapat mejadi acuan orang tua dalam memilih lembaga pendidikan bagi anaknya.

            Mantan Dandim 16-15 Lotim ini juga sempat memuji gaya manemen Kepala SMAN 1 Selong, H. Sahlan, M.Pd., yang disebutnya rajin menjalin komunikasi dengan berbagai pihak untuk mendapat support ide-ide besar di sekolah itu, termasuk dalam menyelesaikan pembangunan gedung sekolah.

            Bupati Sukiman juga mengungkap perhatiannya terhadap prestasi di bidang kesehatan dan pendidikan, dengan memberikan hadiah umroh bagi yang berprestasi. Guru ataupun siswa yang mampu menunjukkan prestasi menjadi juara nasionalpun dijanjikannya hadiah umroh. Bahkan kalau ada siswa yang bisa masuk 10 besar terbaik Nasional dalam Ujian Nasional mendatang, juga akan dihadiahi umroh.

            Selain itu, untuk mendukung berbagai kegiatan masyarakat, Pemerintah Kabupaten juga menganggarkan dana Bantuan Sosial (Bansos), namun dana itu baru akan dicairkan setelah selesai pelaksanaan Pilkada. Hal itu diputuskan Bupati, untuk menghindari munculnya stigma negatif  penggunaan dana tersebut selama proses Pilkada berlangsung.

            Kepala SMAN 1 Selong, atas nama seluruh wali murid, komite sekolah, tenaga pendidikan dan kependidikan serta siswa-siswinya mengucapkan terima kasih atas perhatian Bupati M. Sukiman Azmy terhadap lembaga pendidikan. Bupati disebutnya memiliki perhatian dan komitmen yang sangat tinggi terhadap pendidikan di Kabupaten Lombok Timur, baik sekolah negeri maupun swasta. Kepemimpinan seperti itu dapat meletakkan landasan strategis dalam membangun pendidikan berkualitas, dan jelas sangat dibutuhkan masyarakat Lombok Timur saat ini, papar pendidik yang pernah bertugas di Ambon itu.

            Perhatian itu, katanya tidak semata ditunjukkan dalam membangun pisik sekolah, tetapi juga memberikan penghargaan bagi siswa dan guru yang memiliki dedikasi dan prestasi tinggi di bidangnya. Hal ini menjadi salah satu sumber motivasi dan inspirasi guru dan siswa d lembaganya untuk selalu meraih yang terbaik dan membawa harum nama daerah di tingkat Nasional.

            Dalam hal pemenuhan delapan standar Nasional pendidikan, paparnya, SMA 1 Selong dalam tiga tahun terakhir telah meraih berbagai prestasi menggembirakan. Antara lain jumlah siswa yang diterima melanjutkan pendidikan pada perguruan tinggi ternama semakin banyak, seperi Universitas Indonesia, Institit Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gajah Mada, bahkan ada yang diterima di jurusan kedokteran sebuah Perguruan Tinggi Jerman.

            Prestasi lainnya, Nilai UN tertinggi NTB tahun 2011, juara olimpiade sain  di bidang matematika, fisika, kimia, kebumian, dan astronomi yang mewakili NTB ke tingkat Nasional. Juga meraih predikat terbaik 3 tingkat Nasional lomba debat bahasa Inggris, juara 1 dan juara 3 tingkat Nasional olimpiade penelitian siswa, juara pentas seni NTB Tahun 2013. Sementara seorang guru Khaerudin, M.Pd, meraih predikat terbaik Nasional dalam penulisan Best Practice.       

            SMAN 1 Selong juga menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi, seperti UMY, Stikes dan Presiden University. Untuk masuk perguruan tinggi itu, test masuk cukup dilakukan di SMAN 1 Selong, tak perlu ke Jawa karena pihak perguruan tinggi tersebut yang datang untuk melakukan test. (Zar-Humas)  



20 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)